Pages

Saturday 22 January 2011

Makan Aneh tapi RASA Amazing !!

Assalamu'alaikum...
Haloowww, bloggers...back again with this chance...hahaha, iyah, kali ini aku mau share ini tentang makanan orang desa tapi luar biasa rasanya dan HARUS dicoba buat kalian yang belum pernah nyoba. Namanya "RUJAK SAMBEL KROSAK". Ga tahu dari mana si ini resep sejarahnya gimana,tapi resep ini uda turun termurun di desa saya. Sambel krosak adalah seperti sambel lainnya,cuma disini bener-bener mentah semua, dalam artian tidak ada acara goreng-goreng dulu atau rebus-rebus dulu baru di "uleg". Bahannya sangat sederhana cukup : Cabe, Garam, Bawang Putih, Sediki Pecin, dan pastinya buahnya dong. Buahnya bisa apa aja yang penting kalian doyan dan enak untuk dimakan. Tapi bloggers harus mencoba buah ini, namanya "BABAL" itu si nama desanya kalo nama kotanya kurang tahu hehehe...jadi buah ini itu Cikal bakal jadinya NANGKA, jadi nangka yang masih kecil banget yang uda ada bintik-bintik kuning. Nah, kalo uda keluar bintik-bintik kuning ini sudah enak ini untuk disantap dengan SAMBEL KROSAK. Ehhmmm, tambahan lagi buah ini agak sedikit bikin "SERET" di tenggorokan, nah...biar ga "seret" ga usah ragu-ragu buat dicampur dengan DAUN PEPAYA. Wooo, kenapa daun pepaya? iyah, karena daun pepaya ternyata selain bisa buat obat, bisa juga buat pelancar makan BABAL (ilmu sotoy setelah sering makan ini makanan) hahahahha. Caranya makan biar enak. Chekidot :
1. Ambil dulu buah babal tadi itu, potonglah kecil-kecil.
2. Uda gitu kasih deh itu sambel ke potongan kecil babal, nah abis itu sobek aja tuh daun pepaya ujungnya terserah mau banyak apa ga (sesuka hati).
3. Tutupin deh itu ke babal yang uda ada sambelnya, biar ga kerasa pahit racikan diatas di kasih sambelnya lagi di daun pepayanya.
4. Sleebbbbb....makan deh...tetap sehat tapi enak..hahahha

Cara bikin sambelnya :
1. Siapin aja Cabe, Garam, Bawang Putih, biar lebih ngena rasanya kasih aja Pechin. tapi kalo ga suka juga ga usah gapa2.
2. Taruh semua bahan diatas Cobek dan di satuin deh (baca : digerus) semua bahan diatas.
3. Kalo mau bereksplorasi kasih aja terasi yang uda dibakar, rasanya juga ga kalah AMAZING !!

Selamat Mencoba Bloggers...

Assalamu'alaikum..

No comments: